BERITA UMUM

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sejarah Singkat Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang pertama kali didirikan oleh Raden Kaji Kasepuhan (dikenal sebagai Ki Pandan Arang II) pada tanggal 2 Mei 1547 dan disahkan oleh Sultan Hadiwijaya. Kata "Semarang" konon merupakan pemberian dari Ki Pandan Arang II, ketika dalam perjalanan ia menjumpai deretan pohon asam (Bahasa Jawa: asem) yang berjajar secara jarang (Bahasa Jawa: arang-arang), sehingga tercipta nama Semarang. Ketika masa pemerintahan Bupati Raden Mas Soeboyono, pada tahun 1906 Pemerintah Hindia Belanda membentuk Kotapraja (gemente) Semarang, sehingga terdapat dua sistem pemerintahan, yaitu kotapraja yang dipimpin oleh burgenmester, dan kabupaten yang dipimpin oleh bupati. Kabupaten Semarang secara definitif ditetapkan berdasarkan UU Nomor 13 tahun 1950 tentang pembentukan kabupaten-kabupaten dala m lingkungan provinsi Jawa Tengah. Pada masa pemerintahan Bupati Iswarto (1969-1979), ibukota Kabupaten Semarang secara de facto dipindahkan ke Ungaran. Sebelumnya pusat pemerintahan berada di daerah Kanjengan (Kota Semarang). Pada tahun 1983, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1983 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Semarang ke Kota Ungaran di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Semarang, Kota Ungaran yang sebelumnya berstatus sebagai kota kawedanan ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Semarang, yang sebelumnya berada di wilayah Kotamadya Semarang. 

Sumber Artikel : https://sclm17.blogspot.com/2018/01/sejarah-kota-dan-kabupaten-semarang.html
Sejarah, Cerita, Legenda, Mitos, TOKOH, Situs

HUT ke-498 Kabupaten Semarang, Pemkab Komitmen Tingkatkan Pelayanan

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR– Memasuki usia 498 tahun, Kabupaten Semarang terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Hal itu menjadi komitmen yang terus dipegang teguh guna menciptakan pemerintahan yang baik. Hasilnya,

Berbagai penghargaan dari Pemerintah Pusat diterima Pemkab Semarang menjadi kado indah bagi Pemerintahan Kabupaten Semarang bertepatan dengan perayaan HUT ke-498 Kabupaten Semarang yang jatuh pada tanggal 15 Maret 2019 hari ini. Untuk meningkatan prestasi tersebut Bupati Semarang H dr Munjidrin bersama Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha akan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu menjadi komitmen yang terus dipegang teguh guna menciptakan pemerintahan yang baik. Pernyataan demikian disampaikan Bupati Semarang Mundjirin saat menjadi pembina Apel Besar Peringatan Hari Jadi ke-498 Kabupaten Semarang di Alun-alun Kalirejo, Ungaran Timur, Jum’at (15/3) pagi.

Rangkaian Kegiatan 

 

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

FESTIVAL DANA DESA TAHUN 2018

KAMIS 27 DESEMBER 2018

GOR TENIS KOMPLEK STADION PANDANARAN WUJIL BERGAS

 

 

 

User Rating: 2 / 5

Star ActiveStar ActiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Kampung Kopi Banaran

 

 

Kampung Kopi Banaran merupakan sebuah obyek wisata unggulan yang dikembangkan oleh Perusahaan BUMN yaitu PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero), yang terletak di area perkebunan kopi Kebun Getas Afdeling Assinan tepatnya Jl. Raya Semarang – Solo Km. 35 dengan ketinggian 480 – 600m dpl dengan suhu udara cukup sejuk antara 23ºC – 27º C. Lokasi Kampung Kopi Banran ini sangat strategis karena terletak di tepi jalan Solo-Semarang. Oleh karena itu apabila sedang melintas ke jalan ini jangan lupa untuk mampir dan menikmati seduhan kopi istimewa dari Kampung Kopi banaran. Selain menikmati kopi di kedai kopi Kampung Kopi Banaran, di tempat ini juga sudah dikembangkan sebagai kompleks wisata keluarga dengan berbagai fasilitas yang sangat menarik, diantaranya adalah arena bermain anak – anak, Corporate Gathering, Coffee Walk, Out Bound Games, Kolam Renang, Gasebo, lapangan tenis, Taman Buah, Gedung Pertemuan, Flying Fox, Mushola, Meeting Room, Griya Robusta, Family Gathering, serta Jelajah Kebun dengan ATV.

 

Rawa Pening

 



Rawa Pening merupakan sebuah lembah yang berisi air sehingga bentuknya menyerupai danau. Rawa Pening terdapat diantara Gunung Merbabu, Telomoyo dan Ungaran. Luas Rawa Pening adalah 2.670 ha, serta menempati 3 kecamatan yaitu Kecamatan Ambarawa, Bawen Tuntang dan Kecamatan Banyubiru. Di Rawa pening ini anda dapat menikmati keindahan danau yang asri. Di lokasi wisata pengunjung juga dapat berkeliling waduk dengan menggunakan perahu yang banyak disediakan di lokasi wisata. Namun sayangnya akhir-akhir ini Rawa Pening banyak mengalami pendangkalan dan juga banyak ditumbuhi eceng gondok, sehingga menyulitkan perahu yang akan melintasi danau. Selain keindahan alamnya, Rawa Pening juga menyimpan cerita rakyat yang menarik terkait dengan asal mula Rawa Pening tersebut. 

 

 

Eling Bening

 

Untuk menuju tempat Wisata Eling Bening sangat mudah, lokasinya tidak jauh dari Terminal Bawen. Dari Terminal Bawen lurus saja ke arah Ambarawa. Tidak jauh setelah lampu lalu lintas jalan arteri, Anda akan menemukan Jalan Kartini di kiri jalan. Masuk ke Jalan Kartini, tidak jauh di kiri jalan, Anda akan menemukan lokasi Wisata Eling Bening.

Wisata Eling Bening menyediakan fasilitas pendukung seperti play ground anak, play ground dewasa, camping ground, meeting room, hill tracking area, archery area, flying fox, swimming pools, lobby & restaurant, stage ceremonial and shows, outdoor sound system, musola, di samping itu Wisata Eling Bening juga menyediakan tempat untuk wedding party, foto prewedding, meeting, gathering, arisan, pesta ulang tahun, field trip anak sekolah, pusat olahraga pagi seperti senam, yoga, dan berbagai kegiatan lainnya. Pengunjung tidak perlu kuatir untuk ke sini, karena akses jalan ke sini lebar dan parkir sangat luas.

Untuk makanan, aneka menu nusantara menjadi unggulan di tempat ini. Anda bisa memilih berbagai menu seperti bakaran ikan, aneka sup, ayam goreng, pecel, aneka ca sayur, karedok, rawon, asem-asem, soto, sate sapi atau ayam, mi lontong, dan berbagai menu lainnya, yang kenikmatannya terjamin karena dimasak oleh para koki berpengalaman.

 

 

Hortimart Agro Center

 

Minimarket Hortimart BawenHortimart Bawen

Hortimart Agro Center di Bawen, Kabupaten Semarang. Beralamat di Jalan Raya Bawen-Semarang No. 55 Bawen. Bawen berjarak sekitar 17 km dari Kota Semarang. Lebih lancar lagi karena sudah ada tol Bawen hanya makan waktu 25 menit.

Hortimart Agro Center berdiri di atas tanah seluas 25 hektar. Kebunnya sendiri dibagi beberapa area. Ada area kebun jeruk, kebun lengkeng, kebun durian dan lainnya.

Andalan kebun Hortimart adalah kebun durian. Hortimart memiliki 100 varietas durian lho. Uniknya, Durian lokalnya dinamakan sesuai tokoh perwayangan mulai dari Durian Petruk, Durian Srikandi hingga Durian Baladewa. Hm, jadi penasaran ingin mencicipi rasanya!

Kontur tanah berbukit-bukit menjadikan pemandangan kebun sangat nyaman dipandang mata. Hati terasa plong. Selain buah jeruk dan durian, ada buah mangga yang memiliki 12 varietas, buah melon Hortimart yang bentuknya kuning dan kecil tapi manis.

 

 

 

 

Kecamatan Bawen

Jl. Soekarno - Hatta No. 54 Harjosari 50661

Telp : 0298 - 522003

Fax   : 0298 - 522003

Email : kec.bawen@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini 0

Kemarin 1

Minggu ini 2

Bulan ini 9

Total Pengunjung 3170

©2019Tim website Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang

Search