Peringatan HUT Kabupaten Semarang ke – 498 Tahun 2019

Sejarah Singkat Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang pertama kali didirikan oleh Raden Kaji Kasepuhan (dikenal sebagai Ki Pandan Arang II) pada tanggal 2 Mei 1547 dan disahkan oleh Sultan Hadiwijaya. Kata “Semarang” konon merupakan pemberian dari Ki Pandan Arang II, ketika dalam perjalanan ia menjumpai deretan pohon asam (Bahasa Jawa: asem) yang berjajar secara jarang (Bahasa Jawa: arang-arang), sehingga tercipta nama Semarang. Ketika masa pemerintahan Bupati Raden Mas Soeboyono, pada tahun 1906 Pemerintah Hindia Belanda membentuk Kotapraja (gemente) Semarang, sehingga terdapat dua sistem pemerintahan, yaitu kotapraja yang dipimpin oleh burgenmester, dan kabupaten yang dipimpin oleh bupati. Kabupaten Semarang secara definitif ditetapkan berdasarkan UU Nomor 13 tahun 1950 tentang pembentukan kabupaten-kabupaten dala m lingkungan provinsi Jawa Tengah. Pada masa pemerintahan Bupati Iswarto (1969-1979), ibukota Kabupaten Semarang secara de facto dipindahkan ke Ungaran. Sebelumnya pusat pemerintahan berada di daerah Kanjengan (Kota Semarang). Pada tahun 1983, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1983 tentang Pemindahan Ibukota Kabupaten Semarang ke Kota Ungaran di Wilayah Kabupaten Daerah Tingkat II Semarang, Kota Ungaran yang sebelumnya berstatus sebagai kota kawedanan ditetapkan sebagai ibukota Kabupaten Semarang, yang sebelumnya berada di wilayah Kotamadya Semarang. 

Sumber Artikel : https://sclm17.blogspot.com/2018/01/sejarah-kota-dan-kabupaten-semarang.html
Sejarah, Cerita, Legenda, Mitos, TOKOH, Situs

HUT ke-498 Kabupaten Semarang, Pemkab Komitmen Tingkatkan Pelayanan

UNGARANNEWS.COM. UNGARAN TIMUR– Memasuki usia 498 tahun, Kabupaten Semarang terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat. Hal itu menjadi komitmen yang terus dipegang teguh guna menciptakan pemerintahan yang baik. Hasilnya,

Berbagai penghargaan dari Pemerintah Pusat diterima Pemkab Semarang menjadi kado indah bagi Pemerintahan Kabupaten Semarang bertepatan dengan perayaan HUT ke-498 Kabupaten Semarang yang jatuh pada tanggal 15 Maret 2019 hari ini. Untuk meningkatan prestasi tersebut Bupati Semarang H dr Munjidrin bersama Wakil Bupati Semarang Ngesti Nugraha akan terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

Hal itu menjadi komitmen yang terus dipegang teguh guna menciptakan pemerintahan yang baik. Pernyataan demikian disampaikan Bupati Semarang Mundjirin saat menjadi pembina Apel Besar Peringatan Hari Jadi ke-498 Kabupaten Semarang di Alun-alun Kalirejo, Ungaran Timur, Jum’at (15/3) pagi.

Rangkaian Kegiatan 

Author: Admin Kecamatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *